Apa Itu NFT dan Bagamana Cara Kerjanya

apa itu nft

Apa Itu NFT dan Bagamana Cara Kerjanya – Cryptocurrency ialah tehnologi bereksperimen hebat yang beroperasi di sektor keuangan dan ekonomi. Jalan memakai mekanisme blockchain, cryptocurrency memberi pengalaman berbisnis yang semakin aman, terbuka, dan mandiri. Pengembangan juga terus dikembangankan oleh beberapa developer dan programer kripto yang ingin ambil faedah lebih dari blockchain. Dan NFT (Non-Fungible Token) adalah pengembangan di dunia kripto yang hangat dibahas.

NFT telah ada semenjak 2014 dan memulai terkenal di tahun 2017 karena keseluruhan transaksi bisnis NFT yang tembus angka $174 juta. Sebagai sebuah token, apa yang membuat NFT dapat tembus angka juta-an dolar? Baca pembahasan untuk mengenali NFT selengkapnya berikut!

Simak juga Pemasaran NFT Naik Sejumlah 464% sepanjang 3 Bulan Paling akhir

Apa Itu NFT?

NFT ialah token digital yang diverifikasi di mekanisme blockchain yang memiliki sifat tidak bisa ditukar. NFT ialah token unik yang tidak bisa ditukar dengan suatu hal yang semacam, tetapi dapat dijualbelikan. Berikut yang membandingkan token kripto lain dengan NFT.

BACA JUGA : Apa Sih Cardano? Disebut Sebagai Crypto Generasi Ketiga

Sebagai contoh, Bitcoin dapat ditukar keduanya karena dipandang mempunyai nilai yang serupa, begitu juga dengan token yang lain. Tetapi NFT berlainan, NFT memiliki sifat non-fungible atau tidak bisa ditukar dan unik. Berikut yang jadikan token ini cuma ada satu dan tidak dapat ditukar dengan NFT lain karena mempunyai nilai yang lain.

NFT dipakai pada umumnya untuk beli dan jual kreasi seni digital seperti musik, film, lukisan, bahkan juga posting media sosial yang dipandang monumental. NFT dibeli sebagai sebuah pertanda pemilikan sebuah kreasi seni yang dipandang unik. Dan kripto ialah alat pembayaran yang dipakai untuk beli NFT.

Langkah Kerja NFT

Sesudah Anda mengenali NFT secara singkat, selanjutnya Anda perlu ketahui langkah kerja dari NFT. NFT diverifikasi di mekanisme bklockchain. Memiliki sifat desentralisasi, mekanisme blockchain bermanfaat menulis tiap sejarah transaksi bisnis NFT yang dapat dijangkau oleh siapa saja. Umumnya NFT diletakkan di blockchain Ethereum, walau blockchain lain memberikan dukungan NFT.

NFT dibikin dan diciptakan jadi object digital dari barang berbentuk atau tidak berbentuk. Seperti basis, musik, film, dan GIF. Seterusnya inisiator jual dan tanda-tangani kreasi seni mereka dengan masukkan signature mereka dalam metadata NFT.

Kolektor yang tertarik untuk beli NFT untuk mempunyai sebuah kreasi seni harus bayar sama sesuai harga yang sudah dipatokkan inisiator. Kolektor bayar NFT memakai kripto. Dan seterusnya pemilikan juga ganti dari punya inisiator jadi punya kolektor. Semua transaksi bisnis dari pembelian sampai status pemilikan akhir disimpan di blockchain dan tidak dapat diganti oleh siapa saja.

NFT jadikan sebuah kreasi seni cuma dapat dipunyai oleh satu pemilik pada sebuah waktu. Berikut yang jadikan token ini unik sampai dapat dibanderol sampai juta-an dolar.

Keuntungan NFT untuk Inisiator dan Kolektor

Satu penemuan baru tidak dapat dikatakan sebagai pengembangan bila tidak memberi keuntungan. Sebagai token yang tidak dapat ditukar, NFT mempunyai sebuah nilai kekhasan yang dapat menguntungkan baik untuk inisiator atau kolektor.

Keuntungan NFT untuk Inisiator

Inisiator dan seniman dari beragam penjuru dunia mulai menelusuri dunia NFT dan pasarkan kreasi seni mereka di NFT marketplace. Ini pasti meluaskan pasar untuk beberapa seniman dan inisiator. Blockchain dan NFT memberikan pembikin content kesempatan unik untuk memonetisasi kreasi mereka. Seniman bukan hanya tergantung pada balai lelang atau galeri seni untuk jual kreasi seninya. NFT memberi capaian pasar yang bertambah luas untuk seniman dan inisiator. Semua kolektor dunia yang tertarik sama NFT dapat menyaksikan dan beli kreasi mereka.

Disamping itu, seniman tidak memerlukan jasa promotor atau basis khusus untuk pasarkan kreasi seni mereka. NFT memberi mereka keuntungan lebih sebab bisa berbisnis langsung dengan konsumen tak perlu keluarkan dana untuk bayar jasa promotor atau basis tertentu.

Keuntungan khusus yang bisa juga didapat oleh seniman atau inisiator ialah royalti. Feature ini membuat inisiator memperoleh prosentase pemasaran setiap kreasi mereka dipasarkan ke pemilik baru. Bila sebuah kreasi telah ganti pemilik sampai 10 kali, karena itu seniman telah memperoleh royalti sekitar 10 kali juga.

Keuntungan untuk Kolektor

Walau NFT tidak dapat ditukar, tetapi NFT dapat dijualbelikan. Aktivitas jual-beli pasti sanggup hasilkan keuntungan. Keuntungan pertama kali yang dapat didapat oleh kolektor dengan beli NFT ialah keuntungan atau keuntungan.

Kolektor dapat jual kembali NFT yang telah dibeli pada harga yang semakin tinggi. Bila ada kolektor baru yang melirik kreasi itu, karena itu kolektor lama akan memperoleh keuntungan. Tidak ada batasan dasar harga untuk jual kembali suatu NFT. Untuk memperoleh keuntungan, kolektor harus pintar saat menentukan NFT yang dipandang unik dan sanggup memancing ketertarikan kolektor lain.

Keuntungan yang lain dapat didapat kolektor yakni NFT dapat dijadikan agunan utang.

Langkah Membuat dan Cetak NFT

Bila Anda mempunyai ide seni dan berminat untuk memperoleh keuntungan dari NFT, karena itu Anda harus tahu beberapa langkah membuat dan cetak NFT.

Tentukan Blockchain yang Ingin Anda Pakai

Anda harus tahu jika ada banyak blockchain yang memberikan dukungan token NFT. Seperti Ethereum, Binance Smart Chain, Polkadot, Tezos, Cosmos, dan Tron. Saat Anda telah cetak NFT di salah satunya blockchain itu, karena itu Anda tidak bisa mengirimi atau jual NFT Anda di blockchain lain. Karena itu tetapkan lebih dahulu mekanisme blockchain apa yang ingin Anda pakai.

Ethereum ialah blockchain terpopuler untuk NFT. Bila Anda ingin keluarkan dana transaksi bisnis yang lebih kurang, Anda dapat memakai Binance Smart Chain. Blockchain yang hendak Anda pakai akan tentukan NFT Marketplace untuk jual kreasi Anda. Bila Anda pilih Ethereum, Anda dapat memakai NFT marketplace seperti OpenSea, Rarible, atau Mintable. Bila Anda memakai BSC, Anda dapat pasarkan kreasi Anda di BakerySwap, Juggerworld, dan Treasureland.

Tentukan Kreasi yang hendak Anda Tawarkan

NFT dapat berbentuk bermacam-macam file digital. Anda dapat membuat lukisan digital, text menarik, musik, film, atau wujud kreasi yang lain dapat direproduksi jadi file multimedia.

Buat Wallet

Untuk membikin account di NFT marketplace, Anda harus menyambungkan wallet Anda. Bila Anda pilih blockchain Ethereum dan OpenSea sebagai marketplace Anda, Anda harus mempunyai Ether di wallet Ethereum namanya MetaMask.

Proses cetak NFT di OpenSea gratis, tetapi kamu masih tetap memerlukan wallet untuk disambungkan ke OpenSea.

Bikin dan Jual NFT

Sesudah menyambungkan MetaMask ke OpenSea, Anda mulai bisa membuat NFT Anda. Click “Create” di menu atas, dan “Create A Collection. Isi semua info yang diperlukan dan taruh.

Seterusnya Anda mulai akan cetak NFT Anda. Click “New Poin”, unggah kreasi Anda, lalu catat semua detil yang ingin Anda berikan, dan click “Create”. NFT Anda siap untuk dipasarkan!

Anda dapat jual NFT Anda dengan mengeklik tombol “Sell”.

Langkah Pilih NFT Marketplace

Saat sebelum cetak dan jual NFT Anda, pilih NFT marketplace sebagai tempat Anda pasarkan NFT Anda ialah poin penting. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lihat saat menentukan NFT marketplace yang akurat.

Ongkos Minting (Cetak)

Beberapa NFT marketplace membuat biaya untuk proses cetak NFT. Biaya ini juga benar-benar bervariatif. Tetapi, bila Anda baru ingin mengawali jual NFT, Anda dapat memakai OpenSea dan Rabel. Anda dapat memakai OpenSea gratis! Anda tak perlu keluarkan dana bikin apa saja untuk kreasi Anda.

Royalti

Royalti adalah sumber penghasilan inisiator dari jual NFT. Inisiator dapat memperoleh royalti dari tiap pemasaran NFT ke pemilik baru. Bila Anda ingin memperoleh royalti yang lumayan tinggi, Anda dapat memakai Foundation. Anda dapat memperoleh royalti 10% dari pemasaran.

Ketentuan-Ketentuan Lain

Anda harus juga cari tahu mengenai ketetapan lain NFT marketplace yang hendak Anda pakai. Sebagai contoh, bila Anda ingin hasilkan NFT sama ukuran dan pola yang besar, Anda harus cari tahu mengenai itu dari NFT marketplace.

Langkah Mempromokan NFT

Ada cara-cara yang dapat dilaksanakan inisiator untuk mencapai konsumen atau kolektor. Media sosial ialah fasilitas yang mempunyai potensi besar untuk mencapai banyak calon konsumen. Anda dapat tergabung di group NFT di media sosial seperti Discord atau Telegram. Anda dapat mempromokan kreasi Anda di situ. Anda bisa juga mempermudah mereka untuk mencapai kreasi Anda dengan link link.

Selainnya media sosial, Anda bisa juga pasarkan NFT Anda dengan tuliskan info yang memikat. Ini sanggup membuat kesan-kesan positif pada Anda dan kreasi Anda. Atau Anda bisa juga belajar trading cryptocurrency untuk pemula.

NFT di Indonesia

Saat ini, Anda telah lebih memahami dan mengenali NFT kan? NFT belum juga ramah dalam telinga warga Indonesia. Cuma beberapa kecil warga yang mengetahui dan pahami mengenai NFT. Tetapi, Indonesia juga memperlihatkan minatnya dengan NFT. Ini bisa dibuktikan dengan timbulnya beberapa NFT marketplace yang menjadi tempat beberapa seniman dan inisiator jual kreasi mereka.

Beberapa NFT marketplace lokal yakni Tokomall yang dikeluarkan Tokocrypto, Neftipidia, dan Comodo Land yang dibuat oleh PT. Comodo Matic Decentralized (CMD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.